Notification texts go here. Contact Us

Amankan Web App dari SQL Injection

Amankan Web App dari SQL Injection, Internet, Hacker

Hallo Sobat Mafia Hacker, kali ini saya akan membagikan tentang " Amankan Web App dari SQL Injection " . Tutorial kali ini, saya dapat dari rekan saya si Anggota Binus Hacker yaitu Angga Movic . Ini inovasi yang diperolehnya, dan saya hanya membantu Share postingan dia di Binus Hacker . Selamat Mencoba dan Membaca :)

Saya yakin setiap orang di Dunia ini mahir sekali pemograman , tapi apakah kalian (baca : Defacer) pernah berpikir gimana sang programer yang berada di balik web itu telah menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya ?

Maka dari itu disini saya akan sedikit memberi tips untuk para web dev agar sedikit lebih aman dari tangan-tangan " BOCAH " iseng.

Metode sql injection biasanya memanfaatkan url default dari pemanggilan data. eg : ?id=XX
biasanya mereka akan membumbuhi " ' " single quote / kutip 1 pada akhir url, maka kurang lebih seperti ini ?id=XX' ato ?id='XX

Cara lama, tapi cara itu cukup manjur untuk Web dengan Sec standar.
Lalu cara menanganinya bagaimana? Tentu banyak sekali caranya, tapi kali ini saya akan memberikan 1 saja . Silahkan search di Google :)

Caranya :
### Menggunakan mysql escape strings
mysql_real_escape_string()
Contoh penggunaan.
url = index.php?id=XX
Maka gunakan ini sebelum mendefinisikan $id= $_GET['id']; jadi nanti akan menjadi seperti ini
$id= mysql_real_escape_string($_GET['id']);
Jadi saat sang bocah datang dengan petantang petendeng dan nemplokin quote pada akhir url maka mysql akan menghiraukan nya.
cara itu lebih bagus lagi jika di gabungkan dengan cara ini.
========================
if (isset($_GET['teamID'])){
$team = mysql_real_escape_string($_GET['teamID']);
$result = mysql_query("SELECT COUNT(*) as count FROM `nama_tabel` where id='".$team."'");
$row = mysql_fetch_array($result);
if ($row ['count']){
//lakukan pemanggilan perintah jika data (id) tersebut ada di data base
}else {
//bagian ini akan tampil jika data tidak tersedia di database
}
================================


Semoga Bermanfaat :)

Terima kasih untuk Angga Movic :)
Hi, I'm Yandi Mulyadi. Thank you for knowing me.